Jumat, 06 Desember 2019

silabus Aqidah Akhlak


SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Satuan Pendidikan      : MA At-Thohiriyah Ngantru
Mata pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester          : XI / 1
KompetensiInti          

KI-1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
KI-2  :Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,gotong royong, kerja sama,
           cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
              bangsa dalam pergaulan dunia
KI -3      : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
           pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI -4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
Pengertian Ilmu Kalam
Membimbing keyakinan terhadap kesempurnaan akidah Islam didasarkan pada dalil aqli dan naqli
Penilaian Diri

-
-
2.1Terbiasa berpikir kritis dan kreatif serta menghargai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
Pengertian Ilmu Kalam

Penilaian Teman
-
-
3.1Memahami pengertin,ruang lingkup,fungsi ilmukalam sertahubungannyadenganilmu lainnya



4.1Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan
ilmu lainnya


Dasar Pembahasn Ilmu Kalam
Ruang Lungkup Pembahasn Ilmu Kalam
Fungsi Ilmu Kalam
Sejarah Ilmu Kalam
Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu-ilmu lain
Peranan Ilmu Kalam dalam Kehidupan

1) Mengamati
 Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok    dan membagi tiga topik yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topic
2) Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
2) Mengeksplorasi /mengumpulkandata/mengeksperimen
Masing-masing kelompok mendiskusikan bagaimana cara memerankan topik mulai membagi karakter dan bagaimana cara mengekspresikan topik dalam peran
3) Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mendemonstrasikan masing-masing peran di depan kelompok lain
Tugas: 
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangpengertianpengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Diskusi kelompok membahas tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Mempresentasikan hasil tentang pengertian, ruanglingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya

Tes Tulis/Lisan Guru menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
1 TM  (45 x 2)
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
-     Internet
1.2Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliranaliran dalam  ilmu kalam
Aliran Ilmu Kalam khawarij dan syi’ah

Observasi sikap spiritual
Penilaian diri

-
-
2.2Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat  
Aliran-aliran ilmu kalam
Membiasakan Sikap bertauhid dalam kehidupan 
Penilaian Teman Sejawat
-
-
3.2Menganalisis pokokpokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah,
Syi’ah, Jabariyah,
Qadariyah, Asy‘ariyah, al-
Maturidiyah, dan
Mu‘tazilah)
4.2Menyajikn peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij,
Murjiah, Syi’ah, Jabariyah,
Qadariyah, Asy‘ariyah, alMaturidiyah, dan Mu‘tazilah
Aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah,
Jabariyah,
Qadariyah,
Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan
Mu‘tazilah)
1). Mengamati
-Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok
dan membagi tiga topik yang berbedaGuru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan  tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topik
2) Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
Mengasosiasi
Setiap siswa diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari
3) Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mendemonstrasikan masing-
masing peran di depan kelompok lain
Tugas: 
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu tauhid, ruang lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid dan hikmah bertauhid
Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu tauhid, ruang
lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid danhikmah bertauhid.
Mempresentasikan tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme
yang berkembang saat ini danpencegahannya
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat inidan pencegahannya
2 TM
(45 x 4)
Buku Ajar siswa Aqidah Akhlak Kelas XI
Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
LKS Aqidah Akhlaq kelas XI semester ganjil
internet

1.3Menghayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar


Penilaian Diri



2.3Menghindari dampak negatif akibat perbuatan dosa besar (mabukmabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri )


Observasi
Penilaian Teman


3.3Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)








4.3 Menunjukkan contoh perbuatan dosa besar di masyarakat dan akibatnya

Menjelaskan pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, alMaturidiyah, dan Mu‘tazilah).

1). Mengamati
- Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok dan membagi tiga topik yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan  tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topik
2) Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
3) Mengasosiasi
Setiap siswa diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari
Mengkomunikasikan
Setiap kelompokmendemonstrasikan masing-
masing peran di depankelompok lain.
Tugas: 
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi,zina, pergaulan bebas dan mencuri) dan ayat-ayat serta hadis-hadis terkait dengan dosa besar .
Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya. Mempresentasikandampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya 
Observasi Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalamkelas atau saat mengerjakan tugas. 
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara
individu tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya
2 TM
(45 x 4)
Buku Ajar siswa Aqidah Akhlak Kelas XI
Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
LKS Aqidah Akhlaq kelas XI semester ganjil
internet

1.4.Menghayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu


Penilaian Diri

-
-
2.4 Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


Observasi
Penilaian Teman Sejawat
-
-
3.4Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu








4.4Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari



1) Mengamati
 Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok    dan membagi tiga topik yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topic
2) Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
3)Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok mendiskusikan bagaimana cara memerankan topik mulai membagi karakter dan bagaimana cara mengekspresikan topik dalam peran
4) Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mendemonstrasikan masing-masing peran di depan kelompok lain
Tugas: 
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayatayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayatayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
Mempresentasikan hasil temuan dan perbandingan orang yang berpegang pada akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayatayat al-Qur’an dan Hadis Nabi dengan mereka yang mengingkarinya.
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara
individu tentang pemahaman mereka atas akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayatayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
2TM
(45 x 4)
Buku Ajar siswa Aqidah Akhlak Kelas XI
Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
LKS Aqidah Akhlaq kelas XI semester ganjil
internet



Guru Pamong


Muallam
Guru Praktek


NUR ISMIATIN
MengetahuiKepala Madrasah


Drs. Samroni, M.Pd.I
NIP. 19650512 199303 1 004




Tidak ada komentar:

silabus Aqidah Akhlak

SILABUS PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Satuan Pendidikan      : MA At-Thohiriyah Ngantru Mata pelajaran             : Aqidah...